[TIPS] YOUR GUIDE TO PERFECT SKIN

7:50:00 AM


Tahukah kamu, “umur” kulit tidak ada hubungannya  dengan umur kamu saat ini. Jika selama ini kamu merokok, kulit sering terpapar sinar matahari, dan mengalami stress, kulit akan mulai kehilangan collagen, cahaya dan elastisitasnya. Garis-garis wajah akan terbentuk dan kulit terlihat kusam. Sebelum terlambat, kamu bisa mengerem penuaan dini dan memiliki kembali kulit dalam kondisi prima. Perawatan dan perlindungan yang tepat dapat menjaga kulit kamu terlihat awet muda untuk selama mungkin.


1. Berhenti Merokok



Pernah memperhatikan kulit seseorang yang sudah lama menjadi perokok? Kulitnya akan lebih rentan terhadap munculnya keriput di wajah. Merokok adalah penyebab terbesar kerusakan kulit nomor 2 setelah sinar matahari. Kenapa? Nikotin dan karbon monoksida menyebabkan penyempitan pembuluh darah dan mengurangi aliran oksigen ke kulit.

2. Lakukan Perawatan Wajah


Perawatan wajah seminggu sekali bisa kamu lakukan sendiri di rumah dimulai dengan membersihkan, kemudian exfoliatin/scrubbing, gunakan masker, uapi sebentar, dan beri pelembab. Saat scrubbing jangan menggosok kulit karena akan melukai kulit, gunakan scrub halus dengan gerakan memutar yang ringan. Kamu bisa juga menggunakan cleansing brush seperti Clarisonic, Olay Pro-X, atau Pobling. Dengan begitu sel kulit mati akan hilang, kulit menjadi segar, halus dan bercahaya.

3. Gunakan Tabir Surya


Gunakan tabir surya setiap hari disaat cerah maupun hujan, saat kamu beraktifitas di luar maupun di dalam ruangan. Saat di luarpun pakailah topi atau payung, menunduk, atau pilih jalan yang teduh saat berjalan di bawah terik matahari. Tidak hanya untuk mencegah penuaan kulit, iritasi, atau warna kulit tidak merata, tetapi juga untuk mencegah kanker kulit.

4. Beri Pelembab


Jangan lewatkan rutinitas menggunakan pelembab setiap pagi, apapun jenis kulit kamu. Untuk kulit kering, pelembab yang digunakan biasanya mengandung oil yang bagus untuk menahan kelembapan kulit. Untuk kulit berminyak gunakan produk water-based yang non-comedogenic sehingga tidak menyumbat pori-pori. Sedangkan untuk kulit sensitif gunakan pelembab ringan yang mengandung bahan-bahan alami dan khusus untuk kulit sensitif.

5. Jangan Lupakan Leher


Bagian leher adalah area pertama yang akan menunjukkan tanda penuaan karena memiliki kelenjar minyak yang lebih sedikit dan kulit yang lebih tipis dari bagian tubuh lainnya. Tapi sebagian orang justru sering mengabaikan bagian leher ini. Gunakan pelembab yang mengandung bahan anti aging seperti vitamin A(retinoid), kinetin, tembaga atau vitamin C.

6. Jaga Kebersihan Kulit


Sangat penting untuk membersihkan wajah setiap malam untuk membersihkan kotoran, minyak, bakteri dan makeup. Makeup yang tidak dibersihkan, selain menyumbat pori-pori, mengandung radikal bebas yang terperangkap selama seharian kamu beraktifitas. Mencuci wajah dilakukan sehari dua kali, tidak kurang dan tidak lebih. Gunakan air hangat untuk membasuh muka, gunakan pembersih muka yang ringan, bersihkan muka dengan gerakan melingkar, bilas muka dengan air dingin, kemudian sebaiknya biarkan air di wajah mengering dengan sendirinya.

7. Hindari Begadang


Kurang tidur dapat mengakibatkan kulit kusam, garis-garis halus pada wajah, dan lingkaran hitam di bawah mata. Tidak mendapat cukup tidur membuat tubuh melepaskan lebih banyak hormon kortisol (hormon stress), yang dalam jumlah banyak akan memecah collagen kulit. Selain itu hormon insulin juga akan diproduksi, hormon ini dapat menyebabkan pembentukan jerawat.

8. Gaya Hidup Sehat


Konsumsi makanan sehat yang mengandung vitamin yang sangat berguna untuk menjaga kulit tetap sehat. Minum air putih 6-8 gelas tiap hari dan makan sayuran dan buah-buahan yang banyak mengandung air agar kulit tidak terlihat kering. Rajinlah berolahraga, tidak hanya untuk menjaga bentuk tubuh, tapi juga menjaga kulit tetap segar dan sehat. Setelah berolahraga jangan biarkan keringat tertinggal di wajah, bersihkan sesegera mungkin karena keringat yang bercampur dengan kotoran atau makeup dapat menyumbat pori-pori dan menimbulkan breakout.

Dengan bertambahnya usia, proses penuaan kulit akan terjadi dengan sendirinya. Yang menjadi masalah adalah jika penuaan kulit ini terjadi sebelum saatnya karena tidak terawat. Jadi sebelum terlambat, yuk kita jaga kulit agar selalu sehat.  

“Natural beauty takes at least two hours in front of a mirror” – Pamela Anderson

SEE YOU ON MY NEXT POST!


Loves,





ANISA RAHMA (Contributor Writer)



You Might Also Like

2 komentar

  1. Keren, tapi yang pertama itu susah ku jauhi. Soalnya ayahku merokok. Jadi sering terkena asap rokok.

    ReplyDelete

YOUR LUCKY NUMBERS